Berita

//

Diskominfo Kembali Gelar Sosialisasi Aplikasi Sipokat

2022-01-19 08:37:53 Admin Web Portal


LUBUKLINGGAU-Diskominfo Kota Lubuklinggau melaksanakan sosialisasi mengenai pengoperasian aplikasi Sistem Pelaporan Online Ketua RT (Sipokat) kepada ketua RT dalam wilayah Kecamatan Lubuklinggau Selatan l, bertempat di Kantor Camat Lubuklinggau Selatan l, Rabu (19/1/2022).
 
Kadis Kominfo, Erwin Armeidi melalui  Kepala Bidang (Kabid) Telematika, Nata Suryapati, ST menyampaikan bimtek ini sesuai instruksi wali kota Lubuklinggau, bahwa dalam penilaian kinerja ketua RT, mengacu pada aplikasi Sipokat. 

Menurutnya, aplikasi Sipokat bukan hal baru karena aplikasi ini sudah dilaunching pada 2019 lalu, ditandai dengan pemberian perangkat handphone kepada setiap ketua  RT yang ada di Kota Lubuklinggau.

Diharapkan melalui sosialisasi ini, semua ketua RT dapat menjalankan aplikasi Sipokat dengan baik. “Jika ada kendala segera hubungi pihak Diskominfo,” ujarnya. 

Penggunaan Sipokat tetap berjalan walaupun dalam situasi Covid-19 dan aplikasi tersebut selalu dipantau oleh Diskominfo maupun pihak terkait lainnya.

“Handphone yang diberikan adalah sebagai alat bantu kerja ketua RT dimana handphone tersebut harus dijaga dengan baik. Apabila terjadi kehilangan segera laporkan kepada pihak Diskominfo,” ingatnya.


Sedangkan mengenai permasalahan blank spot maupun susah sinyal dibeberapa wilayah sudah dilakukan penindakan berupa penyampaian surat tembusan dari wali kota Lubuklinggau kepada Kementrian Kominfo.

Dijelaskan, kenapa tembusannya ke Kementerian Kominfo karena wewenang seperti itu adalah ranahnya Kementerian Kominfo. 

Pihak Diskominfo Lubuklinggau sudah melakukan survei dibeberapa tempat yang blank spot seperti di Kelurahan Belalau II, Taba Baru dan Lubuk Binjai, dimana kedepan direncanakan akan disediakan lagi bantuan internet kelurahan. 

Mengenai bantuan internet kelurahan, Kota Lubuklinggau sudah ada di tiga kelurahan yakni di kelurahan Lubuklinggau Ulu, Jawa Kanan dan Ulak Surung.

Menanggapi adanya keluhan wilayah blank spot pihak Diskominfo Lubuklinggau sudah melakukan rapat dengan Asosiasi Telekomunikasi se Indonesia maupun pihak penyelenggara internet untuk menyediakan internet.


Akhir 2021 lalu, pihak Diskominfo Lubuklinggau juga melakukan pertemuan dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Indonesia.
Mereka mempunyai alat yang sudah terpasang, tetapi tidak terpakai. Jadi rencananya alat tersebut akan dipasang di wilayah Kota Lubuklinggau.

Diharapkan setelah dilaksanakan sosialisasi ini kinerja RT dapat meningkat dan segera melaporkan setiap kegiatan yang dilakukan dilingkungan masing-masing.  Dijelaskan pula, aplikasi Sipokat adalah aplikasi berbasis android yang dapat di download di play store.

Sekretaris Camat Lubuklinggau Selatan l Kota Lubuklinggau, Ahmad Syaripudin menyampaikan sejauh ini ada masalah sinyal di wilayah Kecamatan Lubuklinggau Selatan l yakni di Kelurahan Air Kati dan Lubuk Binjai sehingga b pengoperasian aplikasi Sipokat mengalami kendala.

Bimbek ini direncanakan akan dilakukan di seluruh wilayah kecamatan. Hari pertama di Kecamatan Lubuklinggau Selatan l, hari kedua di Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, hari ketiga di Kecamatan Lubuklinggau Timur l.

Dilanjutkan di Kecamatan Lubuklinggau Timur II, Kecamatan Lubuklinggau Utara l, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Kecamatan Lubuklinggau Barat I dan Lubuklinggau Barat II. (*)




Berita terkait:


Pemkot Lubuklinggau Raih WTP Lima Tahun Berturut-turut

26 Ribu Lebih Uploader logo "Ayo Ngelong ke Lubuklinggau", Pecahkan Rekor MURI

PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE - 71 TAHUN 2016

HT Kunjungi Kota Lubuklinggau

Upacara Memperingati HUT RI ke 72

HUT RI, Menpora Kenakan Pakaian Adat Lubuklinggau

Acara Malam Resepsi Kenegaraan meriah, Walikota berikan bingkisan kepada Veteran Kota Lubuklinggau

Sekda Tutup Diklat PIM tingkt IV angkatan VI dan VII

Walikota Jalan Santai Bersama Ratusan Warga Mesat Jaya

Peringatan Gempa BMKG


Kategori Berita


Government Public Relation



Pengunjung


  • Hari Ini 2086
  • Kemarin 2494
  • Minggu ini 23736
  • Bulan Ini 75095
  • Total 912958

Polling


Berapa kali anda mengunjungi webiste ini?